CITY BEAUTIFICATION – Perencanaan Pencahayaan Kota

CITY BEAUTIFICATION – Perencanaan Pencahayaan Kota

CITY BEAUTIFICATION – Perencanaan Pencahayaan Kota

APPLICATION SERIES

LIGHTING DESIGN                                                                                                                                                           B+ CB1

 

CITY BEAUTIFICATION

PERENCANAAN PENCAHAYAAN KOTA.

Perencanaan  pencahayaan/penerangan  kota,  mungkin suatu hal yang tidak baru dalam perencanaan penerangan suatu kota atau wilayah.  Jika yang  dimaksudkan hanya pada satu applikasi yaitu penerangan lampu jalan (PJU) pada suatu kota/area,  hal tersebut benar adanya.

Seiring dengan perkembangan teknologi pencahayaan banyak hal yang dijadikan  tolok ukur pertimbangan pencahayaan kota, semua masih bersumber pada tingkat terang, efisiensi pemilihan lampu, rumah lampu/armature sampai dengan system pengoperasian/pengontrolan modern “smart city system”.

Memang pada tingkatan yang paling mendasar dari desain penerangan kota, akan selalu dilandasi kebutuhan akan keamanan dan keselamatan ( Safety and Security), adalah  penerangan jalan atau sirkulasi kota dengan tingkat penerangan tertentu, kerataan tertentu sampai batas kesilauan tertentu. .  Kebutuhan tingkat penerangan pada area jalan/sirkulasi kendaraan akan  diklasifikasikan pada fungsi/hirarki jalan, lebar jalan, pengguna dan moda jalan, lokasi atau area dimana jalan tersebut berada, serta densitas atau  frekuensi pengguna jalan baik kendaraan, manusia/pedestrian atau moda angkutan yang lain.

Sudah banyak literature yang membahas kebutuhan tingkat penerangan jalan berdasarkan klasifiaksi –klasifikasi tersebut seperti  SNI, IES,  IESNA  , dan lain-lain.

3 12Dalam kurun waktu dekade terakhir, lampu pelepas gas (HID), baik lampu mercury, sodium, metal halide mulai ditinggalkan dengan alasan “Green system” ,” green product” atau apapun istilahnya menuju kearah ramah lingkungan,  tetapi dalam beberapa hal sumber cahaya tesebut masih dipakai dengan pertimbangan belum adanya pengganti yang tepat pada beberapa aplikasi tertentu( misal area berkabut dal lain sebagainya).

Jenis sumber cahaya yang menjadi pioner dalam perubahan system pencahayaan penerangan jalan adalah lampu LED (Light Emitting Diode) dan lampu induction. Disini lampu LED secara luas , bahkan di claim langsung dapat menggantikan system dan sumber cahaya terdahulu.

Memang dari sisi efisiensi (tingkat terang vs daya yang dibutuhkan) , dimensi/ukuran , usia lampu, warna cahaya (Ctt dan Cri) dan  green product ,  LED diakui memang merupakan solusi menggantikan sumber cahaya terdahulu, tetapi masih menjadi pekerjaan rumah untuk diteliti lebih lanjut,  jika keamanan menjadi issue penerangan lampu jalan, dikarenakan  spectrum cahaya pada  lampu  LED masih dipertimbangkan akan mempengaruhi kesehatan/  kondisi fisik  mata kita.

6

Seiring dengan besarnya keinginan memenuhi penerangan kota dengan sitem penerangan jalan umum , kebutuhan dasar akan pencahayaan jalan di kota-kota/daerah akan terpenuhi.

Berangkat dari hal tersebut, kebutuhan masyarakat kota  akan meningkat lagi , terutama   kebutuhan akan kenyamanan,  disini akan banyak hal yang  dikaitkan dengan keindahan dan  kemudahan menikmati elemen kota, memberikan pengarah pada  fungsi bagian-bagian kota, sampai menikmatinya sebagai tujuan/destinasi wisata kota, terutama dimalam hari.

Untuk  mewujudkan  kenyamanan tersebut , system penerangan kota harus ditingkatkan dengan  mengidentifikasi bagian/elemen kota untuk dapat ditampilkan menjadi ikon/tujuan ataupun tetenger kota.

Elemen-elemen kota tersebut dapat berupa :

  1. Jalan/bagian jalan seperti persilangan/junction, Fly over dan lain sebagainya.

2 3

  1. Taman, patung, airmancur dan elemen lainnya yang masih bersinggungan dengan jalan/elemen kota.

4 5

  1. Ikon kota/ tetenger , bisa berupa area, bangunan,jembatan dan lain-lain yang dapat pula ditingkatkan fungsinya menjadi daerah tujuan perjalanan atau wisata.

6

 

Sistem penerangan pada area-area tersebut dapat dibuat menarik, dapat dengan memberikan penerangan pada durasi atau waktu tertentu seperti show of light, bahkan dapat dinyalakan  khusus pada   waktu dan area  tertentu untuk dapat dinikmati secara maksimal bahkan dapat menjadi  pengalaman baru bagi pemirsanya.

Tentu saja semua harus di desain dan dikemas dengan pertimbangan , penerapan/aplikasi system pecahayaan  yang menarik, aman , nyaman dan efisien, terutama dalam biaya, pelaksanaan dan pemeliharaannya.

Continoue…      

Translate »