ENERGY – EFFECTIVE LIGHTING IN BUILDING

ENERGY – EFFECTIVE LIGHTING IN BUILDING

ENERGY – EFFECTIVE LIGHTING IN BUILDING

Sistem Pencahayaan mengkomsumsi kira kira 25 % dari energi dunia  yang dipergunakan, tetapi dapat mengkonsumsi sampai 33  %  dari energi yang digunakan karena perkembangan ekonomi

Di karenakan  tekanan untuk pencapaian perubahan iklim. Banyak anggota APEC pada saat ini berjuang  mengembangkan peta jalan  zero nett energy ZNE yang mengandalkan dengan secara  berat pencapaian hemat energi yang mendalam pada bangunan yang sudah ada. Penggantian lampu /retrofit bangunan yang sudah ada  dengan sistem pencahayan yang sangat efisien adalah salah satu  jalan yang paling efektif untuk mencapai penghematan energi yang mendalam dan dapat mengurangi dengan cepat ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Konsumsi Energi pada bangunan merupakan  satu dari kontribusi yang terbesar dari emisi gas rumah kaca  dan telah  menjadi target  oleh  banyak anggota  APEC    sebagai  suatu  kesempatan yang di prioritaskan, tetapi ada hal yang dapat dipertinbangkan yaitu  kekurang pengetahuan  pada bagaimana pencapaian yang paling baik ini  hemat energi yang “ mendalam “ dan dimana strategi  dan praktek  harus diterapkan  dengan keterbatas investasi publik.

Praktek yang paling baik  pada sitem pencahayaan dan membantu kurikulum pendidikan mempunyai potensial yang sangat besar menambah tingkat dimana solusi pencahayaan yang mutakhir  di adopsi  melalui pengembangan  anggota ekonomi dalam menurunkan energi yang digunakan secara keseluruhan.

Di Indonesia program hemat energi telah dijalankan sejak tahun 1982 sampai sekarang 2016.

Bangunan gedung di Indonesia menggunakan energy no 4 setelah Industri , Transportasi dan Rumah tangga . Potensi penghematan energi pada gedung antara 10 – 30 % ,target pemerintah sampai 2025 penghematan energi pada bangunan gedung sebesar 15 %.

Sebagai contoh:

  • Retrofit Proyek Central Park Mall Jakarta dengan 12000 titik lampu diganti dengan LED dapat menghemat sampai 0.5 MW.

Picture2

 

  • Proyek  Capital Residence  Sudirman dengan dengan mennganti 13 000 titik lampu dengan LED dapat menghemat sampai 61 % (data dari Aksel Kreasi Utama, Philips partner)

Picture (3)

 

Oleh: Herman Endro (Pada sidang APEC June 2016 di Bangkok)

Translate »